~ Fly With a Wing ~

..just another girl with a story..

Saturday, 15 November 2014

FYI : " IT Development Program (ITDP) for Datawarehouse Batch III - CIMB Niaga "

Hallooo deaar, such a long time no see, I've been busy lately, hehe... (so sibuk..:p)
Ok, sekarang si sayah mau share-share tentang pengalaman sayah mengarungi rintangan untuk memperoleh suatu posisi kerjaan di sebuah Bank swasta di bumi Indonesia tercinta (lebay mode:ON), yop that is ITDP Datawarehouse in CIMB Niaga.

Sebenernya ini beneran unexpected journey lho, pasalnya sayah malah lupa pernah apply posisi ini sebelumnya (karena terlalu banyak apply sana-sini ngga dan tak ada hasil..qiqiqi). Mari kita mulai saja dari pada kelamaan baca basa basi ngga abis-abis, hehe..

well, tahapan tes awal sampe akhir yang sayah jalanin ngga lebih dari 2 bulan sajah, cepet banget kan?? Yap, mullai apply entah kapan tepatnya , ya mungkin sekitar akhir Oktober 2013 kemudian dapet panggilan pertama Psikotest dan English Test di pertengahan November terus 2 hari kemudian di panggil wawancara dan seminggu kemudian langsung Med check dan eng..ing..eng... 2 minggu setelahnya langsung di panggil offering letter di awal Januari 2014 ini.

Jadi kalo mau di bikin summary , Tahap2 nya itu :
  1. Seleksi Administrasi (pastinya.... awal buangett di liat2in CV yang kita kirim)
  2. Psikotest & English Test 
  3. Wawancara User dan Div.Head and Group Head
  4. Medical Check Up
  5. Offering Letter

Seleksi Administrasi 

Tahap ini mah skip aja lah, readers yang budiman pasti udah pada ngeh prosesnya kek gimana, yang penting CV nya di bagusin (bukan di bagus-bagusin alias ngeyel) tapi bagus dalam arti ya emang memuat informasi yang berisi nilai plus dari kita sebagai pelamar jadi recruiter juga ngga cuma baca sekilas dan skip CV kita... hehe

Psikotest & English Test

Nah kalau tahap ini baru ngeluarin effort lebih. Jadi ditahap ini nanti ujiannya ada abstraksi, mirroring, psikotest sama english test (kalo ngga salah.. maklum aja klo ada yang kelewat ya...:p)

hint : konsentrasi penuh pas abstraksi usahakan stabil soalnya nanti diwaktu, trus kalau yang udah pengalaman test TOEFL menurut sayah ngga jauh beda sama english test nya... yang penting pandai membagi waktu dan fokuss kus..kus..

Wawancara  Div Head and Group Head

setelah menunggu selama (baca: hanya) 2 hari... muncullah email yang menyatakan sayah lolos tahap berikutnya dan berhak mengikuti tahap wawancara. Tahap wawancara ada 2 : Tahap pertama wawancara Div. Head dan selanjutnya kalau lolos wawancara Group Head. Dan untungnya untuk gelombang sayah, wawancara 2 tahap itu berlangsung satu hari sajah, (hemmat waktu mbep..:p ). Jadi saya dijadwalkan jam 11 untuk wawancara Div.Head dan karena sebelum saya sudah ada juga yang lain yang datang maka alhasil jadwal wawancara sayah mundur ke jam 13.30.

Wawancara div.Head ini cukup menegangkan karena saya dengar disana di tes juga kemampuan coding query which is yang saya tau cuma query2 dasar sajah. But well, not as scary as I thought it would be... Bapak Div. Head yang mewawancarai cukup supel sehingga suasana wawancara tidak terlalu menegangkan. Beliau bertanya sekitar latar belakang pendidikan dan pengalaman pekerjaan (jika ada). Dan ya menguji kita untuk membuat query sederhana dan diagram sederhana..


Alhamdulillah lancar dan saya merasa cukup percaya diri lolos untuk Wawancara tahap berikutnya.
Dan memang benar beberapa saat kemudian saya di panggil oleh PIC Wawancara hari itu bahwa saya akan melanjutkan tahap kedua wawancara dengan Group Head.

Actually it's kinda weird when I see the way we've been told that we pass the 1st interview or not, they just whispering to us and if we didn't pass we just have to walk out of the room and go back where we used to be...but well maybe because they kinda hurry ... no problemo..

Next, wawancara dengan 2 Group Head setelah menunggu hampir 2 jam mungkin... Group Head yang pertama senang sekali tertawa which is help so much mencairkan ketegangan and another Group Head have a calm personality... but they both kinda awesome..

Disini sebenarnya pertanyaan lebih mengarah kepada problem solving and attitude ... how we react to something urgent, our responsibility as employee, pertanyaan-pertanyaan tidak terlalu fokus pada skill pemrograman yang kita miliki tapi lebih kepada personality ... well I can't offer u any hint for this because it is depend on our own personality and attitude .. I just can say one thing .. Be Honest.

Medical Check Up

Well, setelah melakukan wawancara terakhir dan kembali ke Bandung, kurang lebih 2 hari kemudian saya mendapat kabar lolos lagi untuk taha selanjutnya .. dan kabar itu baru saya terima malam hari dimana besok pagi nya saya sudah harus berada di Jakarta untuk MedCheck.


Akhirnya walaupun agak 'riweuh' mencari travel agar dapat sampai di sarinah maksimal jam 8 pagi, saya berhasil sampai dengan menempuh perjalanan kurang dari 3 jam which is amazing karena biasanya 3 jam itu waktu tempuh minimal dari Bandung ke Jakarta dengan menggunakan travel.

Med-Check yang dilakukan cukup singkat hanya cek Darah,Konsultasi dengan dokter, Rontgen dan Ukur berat dan Tinggi Badan (Seingat saya sih itu ...:P). Dan kemudian hasilnya akan di sampaikan langsung ke CIMB Niaga untuk di jadikan referensi. Saya selesai tidak lebih dari 1 jam saja.
Dan saya dapat langsung kembali ke Bandung setelah saya bertemu salah satu peserta test yang memang dari awal bareng-bareng melakukan test untuk ITDP ini. Walau hanya sebentar at least I've seen a friend.

Saya sampai di Bandung pukul 13.30 dan itu hari Sabtu.

hint: Untuk yang di luar jakarta khususnya Bandung, bisa pesan Cipaganti Star Shuttle yang ada di BaTos pukul 4 pagi. Lokasi Lab nya nanti tepat di depan Pool shuttle tinggal jalan kaki tidak lebih dari 5 menit.

Offering Letter

Tahap finalisasi ini adalah tahap yang menentukan hidup anda sekalian. Jika sampai pada tahap ini, kita hanya tinggal meyakinkan diri, whether to take it or not it's up to us. Pertimbangkan masak-masak setelah semua tahap dilalui dan apa yang sekarang dijalani. Untuk saya pribadi sebenarnya ada banyak yang saya harus tinggalkan untuk mengambil posisi ini, jadi memang hidup saya 'agak' terasa berbeda dari sekian tahun yang saya jalani di Bandung. So, if you really take the opportunity don't regret your decision and try to give the best along the way.

Well, akhirnya sampai di penghujung cerita, semoga bermanfaat.




1 comments:

Post a Comment

Feel Free To Leave Your comment....

© ~ Fly With a Wing ~, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena

Purple Crown