~ Fly With a Wing ~

..just another girl with a story..

Sunday, 15 January 2012

Networking: " Tipe Proxy"

dari InTel ke Jaringannn...lanjuttt....

kali ini bahas tentang tipe proxy guys, kalo sebelumnya di postingan yang dulu, author posting tentang ci Proxy Ubur-ubur(baca:Squid)....just check this out,,

TIPE PROXY


Proxy ada 3 macam yaitu:

1. Transparent proxy, Tipe proxy sebagai jembatan untuk menghubungkan komputer ke internet/jaringan, sesuai namanya, jika komputer menggunakan proxy tipe ini maka IP address realnya terlihat/bisa dilacak oleh server internet/webmaster, karena bersifat transparan, bisa dilookup dengan tool-tool internet biasa, proxy ini biasanya untuk melakukan caching, sehingga tidak perlu mengambil lagi data dari sebuah situs, efeknya akses sebuah situs yang sudah dicache menjadi lebih cepat, proxy ini biasanya menggunakan port 3128(default), 80, atau 8080

2. Anonymous proxy, hampir sama dengan transparent, bedanya, IP real komputer disembunyikan, namun sebuah server/webmaster mengetahui bahwa server diakses menggunakan sebuah proxy anonymous dan masih bisa melacak informasi-informasi lain selain IP real seperti browser user-agent, Country, ISP yang digunakan, itu lah kenapa disebut anonymous, tidak ada port default untuk proxy ini, bisa menggunakan 80,8080, 81, 82 ataupun 3128

3. Elite Proxy, hampir sama seperti anonymous proxy, bedanya semua informasi disembunyikan dan server/webmasters tidak akan dapat melacak baik browser user-agent, ISP, dan Country flag, server hanya dapat melookup informasi server elite proxy saja. Proxy ini defaultnya menggunakan port 9415, namun sedikit sekali proxy tipe ini yang bisa digunakan bebas, kalaupun ada latency servernya lambat.




KEGUNAAN PROXY

  • Untuk menyembunyikan identitas / informasi seperti IP Address, Location (Country, Region, City), dan juga ISP yang kita pakai.
  • Untuk mempercepat akses ke suatu website. Karena proxy menggunakan cache, sehingga halaman web yang sudah pernah dikunjungi akan disimpan di proxy server.
  • Untuk menerapkan kebijakan akses ke layanan jaringan atau konten, misalnya untuk memblokir situs yang tidak diinginkan dan situs mana saja yang bisa dikunjungi.
  • Dapat digunakan untuk mem-bypass sehingga dapat mengakses situs yang diblokir, misalnya di kantor dan juga sekolah ataupun situs-situs yang diblokir langsung oleh penyedia ISP atau penyedia jaringan internet.
  • Untuk menghindari pembatasan regional, misalnya ada situs yang memblokir IP address dari negara-negara tertentu, sehingga tidak bisa mengakses situs tersebut. Kemudian dengan menggunakan proxy dapat melewati pemblokiran tersebut.
Yup, sekian dan terimakasih...:D
semoga bermanfaat..




0 comments:

Post a Comment

Feel Free To Leave Your comment....

© ~ Fly With a Wing ~, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena

Purple Crown