~ Fly With a Wing ~

..just another girl with a story..

Thursday, 1 December 2011

InTel Part 9: "iBatis"


iBatis adalah sebuah SQL MAPPING FRAMEWORK yang khusus diperuntukkan bagi para pengguna bahasa pemrogramman JAVA.

jreng..jreng.....ini lah bahan yang author delivery-kan (ciee.... delivery kayak resto Fast food ajah...LOL). Sebenernya author  juga ngga terlalu expert banget sampe berani presentasiin ini materi...cumaaaaa, berhubung author pernah pake jai yaa seenggaknya taunya pada saat ngulik deh...langsung aja yuk....


iBatis

Diperkenalkan 9 tahun yang lalu oleh  Clinton Begin bersama dengan SQL Data mapping  sebagai pendekatan Persistence Layer Development.


iBatis
Sebelum beranjak lebih jauh, kita bahas deh satu persatu istilah nya...yukk,,mariii..



Persistence
Sebuah persistence layer bekerja dengan hal-hal yang berhubungan dengan
persisting yaitu
penyimpanan (storing) dan pembacaan (retrieving) data ke/dari database. 




Lebih dalam tentang Framework iBatis...


iBatis adalah Persistence framework yang mengotomatisasi
penjembatanan atau pemetaan (mapping) antara database SQL dan objek
objek di dalam Java.


Mengambil alih pekerjaan-pekerjaan yang berkaitan dengan persisting dari 
lapisan business logic (misalnya perintah SELECT, INSERT dan UPDATE).


Memisahkan secara jelas antara kode program dengan perintah-
perintah SQL dengan cara mengeluarkan semua perintah operasi database
dari business logic.


Mempermudah tracing jika terjadi error atau exception.


Mudah dalam modifikasi

iBatis SQL Mapping
Nah karena iBatis termasuk salah satu layer dalam proses pembuatan
aplikasi di JAVA, so..seenggaknya kita tau juga layer-layer lain yang ikut
mendampingi iBatis...cekidot...


LAYERING



Abstraction Layer.
Berfungsi sebagai antar muka bagi lapisan persistence agar lapisan business
logic dapat berinteraksi dengannya


Persistence Framework, dalam hal ini adalah iBATIS itu sendiri. Pada
prakteknya iBATIS adalah sebuah library (file JAR) yang diasosiasikan
dengan sebuah project Java sehingga class-class di dalam iBATIS dapat
digunakan.


Driver/Interface. Yang dimaksud driver disini adalah antar muka untuk
mengakses database. Driver database yang digunakan dalam pemrograman
Java adalah JDBC.

Nah gimana nih setelah sedikit-sedikit berkenalan sama iBatis?lumayan menarik untuk para software developer  pecinta framework..:D
Tapi ternyata ngga sampai di sini aja nih..iBatis ternyata pindah rumah dan ganti nama sekitar satu tahun yang lalu....

EVOLUSI


Pada tahun 2004 iBatis disumbangkan Clinton baik itu nama dan source code-nya kepada Apache Software Foundation. Menjadi Apache iBATIS dan ASF bertindak sebagai rumah iBATIS selama 6 tahun. Orang-orang datang dan pergi, tapi beberapa nama baru yang ditambahkan ke daftar pengelola proyek reguler, termasuk Maves dan Jeff Nathan Butler.


Dalam enam tahun banyak perubahan yang terjadi dalam dunia perangkat lunak open source. Semuanya dari praktek-praktek pembangunan, infrastruktur, perizinan dan bahkan teknologi database berubah drastis. Pada tahun 2010 tim pengembangan inti memutuskan bahwa perkembangan ini perlu ditelusuri dan iBATIS yang akan mendapatkan keuntungan dari beberapa perubahan signifikan. Ini merupakan pertimbangan serius dan memindahkan berarti meninggalkan nama iBATIS ke belakang.




MEMASUKI ERA MYBATIS
MyBatis

Tim iBATIS dengan bangga menghadirkan iBatis dengan nama baru untuk solusi pemetaan berbasis SQL paling populer di dunia untuk pengembangan perangkat lunak berorientasi objek .

MyBatis

Keuntungan yang dihasilkan proyek baru dari praktek-praktek development yang lebih baik, otomatisasi, keterlibatan masyarakat sederhana dan infrastruktur terpadu. Ini adalah landasan untuk masa depan, di mana kami berharap untuk mendorong kontribusi dan mengidentifikasi arah baru yang jelas untuk proyek tersebut.


rumah iBatis yang baru (baca: MyBatis) klik di sini...

untuk donlot library myBatis dan kawan kawan  klik di sini ajaa..

semoga bermanfaat..^^


0 comments:

Post a Comment

Feel Free To Leave Your comment....

© ~ Fly With a Wing ~, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena

Purple Crown