~ Fly With a Wing ~

..just another girl with a story..

Monday, 14 November 2011

Networking : " Cloud Computing "

Perihal networking kali ini, author tertarik buat ngbahas tentang hal yang katanya sekarang sedang in nih di dunia IT sekarang ini.Hmm..emang apaan sih??

Langsung aja deh ke tkp...

CLOUD COMPUTING

Cloud Computing adalah gabungan dari pemanfaatan teknologi (komputasi) dan pengembangan berbasis internet (awan). Cloud Computing [Komputasi Awan] adalah suatu konsep umum yang mencakup Saas, Web 2.0, dan tren teknologi terbaru lain yang dikenal luas, dengan tema umum berupa ketergantungan terhadap Internet untuk memberikan kebutuhan komputasi pengguna.

Cloud Computing

KARAKTERISTIK

1. On-Demand Self-Services
Sebuah layanan cloud computing harus dapat dimanfaatkan oleh pengguna melalui mekanisme swalayan dan langsung tersedia pada saat dibutuhkan. Campur tangan penyedia layanan adalah sangat minim. Jadi, apabila kita saat ini membutuhkan layanan aplikasi CRM (sesuai contoh di awal), maka kita harus dapat mendaftar secara swalayan dan layanan tersebut langsung tersedia saat itu juga.

2. Broad Network Access
Skema Cloud Computing
Sebuah layanan cloud computing harus dapat diakses dari mana saja, kapan saja, dengan alat apa pun, asalkan kita terhubung ke jaringan layanan. Dalam contoh layanan aplikasi CRM di atas, selama kita terhubung ke jaringan Internet, saya harus dapat mengakses layanan tersebut, baik itu melalui laptop, desktop, warnet, handphone, tablet, dan perangkat lain.

3. Resource Pooling
Sebuah layanan cloud computing harus tersedia secara terpusat dan dapat membagi sumber daya secara efisien. Karena cloud computing digunakan bersama-sama oleh berbagai pelanggan, penyedia layanan harus dapat membagi beban secara efisien, sehingga sistem dapat dimanfaatkan secara maksimal.

4. Rapid Elasticity
Sebuah layanan cloud computing harus dapat menaikkan (atau menurunkan) kapasitas sesuai kebutuhan. Misalnya, apabila pegawai di kantor bertambah, maka kita harus dapat menambahuser untuk aplikasi CRM tersebut dengan mudah. Begitu juga jika pegawai berkurang. Atau, apabila kita menempatkan sebuah website berita dalam jaringan cloud computing, maka apabila terjadi peningkatkan traffic karena ada berita penting, maka kapasitas harus dapat dinaikkan dengan cepat.

5. Measured Service
Sebuah layanan cloud computing harus disediakan secara terukur, karena nantinya akan digunakan dalam proses pembayaran. Harap diingat bahwa layanan  cloud computing dibayar sesuai penggunaan, sehingga harus terukur dengan baik.

Ngerti ngga?? hehe (loading mode : ON), readers juga udah pada tau kan segimana awamnya diriku tentang jaringan.....:p

Mengutip perkataan pak dosen, sebenarnya teknologi cloud computing itu sudah ada sejak lama dan mungkin saja hampir sebagian besar dari kita juga sudah menggunakannya, atau kalau menurut bahasa author cloud computing  adalah repackage saja dari teknologi yang sekarang, dibikin bahasa kerennya gituu...

Itu bisa dilihat dari istilah yang ada dalam service level dari teknologi ini , simak deh:
  1. Infrastructure as Service, hal ini meliputi Grid untuk virtualized server, storage & network. Contohnya seperti  Amazon Elastic Compute Cloud dan Simple Storage Service
  2. Platform-as-a-service: hal ini memfokuskan pada aplikasi dimana dalam hal ini memungkinkan developer untuk tidak memikirkan hardware dan tetap fokus pada application development nya tampa harus mengkhawatirkan operating system, infrastructure scaling, load balancing dan lainya.Contoh nya yang telah mengimplementasikan ini adalah Force.com dan Microsoft Azure investment.
  3.  Software-as-a-service: Hal ini memfokuskan pada aplikasi denga Web-based interface yang diakses melalui Web Service dan Web 2.0. contohnya adalah Google Apps, SalesForce.com dan social network application seperti FaceBook.

Sebenarnya jenis - jenis service level ini juga sudah lumayan lama kita gunakan kan??!(iya gitu?), ya hanya saja belum ada istilah nya seperti sekarang, begitu kira-kira saudara-saudara...:p(sok tau...>_<)

Nah terus, selalu...dalam setiap hal pasti ada kelebihan dan kelemahannya, begitupun cloud computing ini, so apa aja sih plus minus nya? cekidot guys..

KELEBIHAN

  1. Menghemat biaya investasi awal untuk pembelian sumber daya.
  2. Bisa menghemat waktu sehingga perusahaan bisa langsung fokus ke profit dan berkembang dengan cepat.
  3. Membuat operasional dan manajemen lebih mudah karena sistem pribadi/perusahaan yang tersambung dalam satu cloud dapat dimonitor dan diatur dengan mudah.
  4. Menjadikan kolaborasi yang terpercaya dan lebih ramping.
  5. Mengehemat biaya operasional pada saat realibilitas ingin ditingkatkan dan kritikal sistem informasi yang dibangun.

KELEMAHAN

  1. Komputer akan menjadi lambat atau tidak bisa dipakai sama sekali jika internet bermasalah atau kelebihan beban.
  2. Dan juga perusahaan yang menyewa layanan dari cloud computing tidak punya akses langsung ke sumber daya.
walau bahasannya sudah banyak juga yang bahas,, tapi semoga bisa bermafaat untuk readers semua...

see you...









0 comments:

Post a Comment

Feel Free To Leave Your comment....

© ~ Fly With a Wing ~, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena

Purple Crown