~ Fly With a Wing ~

..just another girl with a story..

Sunday, 13 November 2011

InTel Part I : "W - LAN"

Hup..hup....siangg semuanyaaaa.....
akhirnya harus dimulai juga tugasnya...hehe(peace pak!), SEMANGAT kok pak ini nulisnya..kan ilmu yang bermanfaat itu ibadah...jadi yuk saling berbagi ilmu..mulai dari apa yang saya dapat nih di perkuliahan InTel(Informatika & Telekomunikasi-red)... 

Di pertemuan kedua ini (Lho ?pertemuan satunya?)--- maaf pemirsa saya ngga masuk pertemuan pertama karena ada 'sessuatu' hal  (subhanallah..sesuatu..:p) di kampung halaman hehe..mohon di maklum ya pak..:D---- kembali ke laptop...di pertemuan kedua kemarin Pak Lukman dengan sangat asyik menyampaikan perihal W-LAN, nah mungkin sudah banyak yang mengetahui dan menggunakan W- LAN ini..yah disini saya hanya ingin berbagi saja karena saya juga masih harus belajar banyak..niat nya kan sharing ilmu..hehe, refresh memori aja deh yuuu....


Wireless LAN

Sebelum lebih jauhnya seperti biasa awal-awal selau di sajikan definisi dari apa yang mau di bahas,, dan yang sekarang akan di bahas adlah tentang Wireless LAN. So menurut Wikipedia LAN nirkabel (bahasa InggrisWireless LAN) adalah suatu jaringan area lokal nirkabel yang menggunakan gelombang radio sebagai media tranmisinya: link terakhir yang digunakan adalah nirkabel, untuk memberi sebuah koneksi jaringan ke seluruh pengguna dalam area sekitar. Area dapat berjarak dari ruangan tunggal ke seluruh kampus. 

Dalam keseharian kita yang sekarang hampir sebagian besar tidak bisa jauh dari yang dari namanya internet, wireless LAN ini sangat membantu dalam usaha kita untuk mendapatkan akses internet. Selain menggunakan LAN biasa memakai kabel untuk PC atau paket langganan internet untuk para pengguna BB(BlackBerry-red) atau pun yang sekarang sedang di minati yaitu Android hampir semua device yang diperuntukkan untuk akses internet di pasangi perangkat untuk mendeteksi sinyal dari wireless LAN ini. Nah gimana cara nya device yang kita punya bisa mendapatkan sinyal wireless untuk bisa connect internet bisa dilihat dari skema di bawah ini: 


Skema W-LAN


Nah selanjutnya apa sih syarat nya kalo kita mau bangun Jaringan Wireless LAN ini? Just check this out:
  • Lokasi yang kita punya harus Line of Sight /LoS, yaitu tidak ada halangan (gedung ataupun pohon) diantara kedua titik yang akan dihubungkan.
  • Freznel Zone (area rambatan gelombang radio yang dipancarkan oleh kedua antenna) tidak terpotong atau terganggu suatu benda.
Terus wireless itu dalam menjaga sekuritas nya pake semacam kode yang biasanya kita kenal sebagai Shared Key  atau WEP.

Hmm, setelah kita tau syaratnya ada baiknya kita juga tau dulu kelebihan sama kekurangannya (biar nanti kalo ada apa2 ngga nyalahin orang laen..kan udah di kasih tau untung ruginya...:D)


KELEBIHAN

  1.  Mobility : Sistem wireless LAN bisa menyediakan user dengan informasi access yang real-time, dimana saja dalam suatu organisasi.
  2.  Installation Speed and Simplicity : Instalasi sistem wireless LAN bisa cepat dan sangat mudah dan bisa mengeliminasi kebutuhan penarikan kabel yang melalui atap atau pun tembok.
  3. Installation Flexibility : Teknologi wireless memungkinkan suatu jaringan untuk bisa mencapai tempat-tempat yang tidak dapat dicapai dengan jaringan kabel. 
  4. Reduced Cost-of-Ownership : Meskipun investasi awal yang dibutuhkan oleh wireless LAN untuk membeli perangkat hardware bisa lebih tinggi daripada biaya yang dibutuhkan oleh perangkat wired LAN hardware, namun bila diperhitungkan secara keseluruhan, instalasi dan life-cycle costnya, maka secara signifikan lebih murah. 
  5. Scalability : Sistem wireless LAN bisa dikonfigurasikan dalam berbagai macam topologi untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang beragam. 

KEKURANGAN

  1. Biaya peralatan mahal (kelemahan ini dapat dihilangkan dengan mengembangkan dan memproduksi teknologi komponen elektronika sehingga dapat menekan biaya jaringan).
  2. Delay yang besar, adanya masalah propagasi radio seperti terhalang, terpantul dan banyak sumber interferensi (kelemahan ini dapat diatasi dengan teknik modulasi, teknik antena diversity, teknik spread spectrum.dll),
  3. Kapasitas jaringan menghadapi keterbatasan spektrum (pita frekuensi tidak dapat diperlebar tetapi dapat dimanfaatkan dengan efisien dengan bantuan bermacam-macam teknik seperti spread spectrum/DS-CDMA) dan keamanan data (kerahasiaan) kurang terjamin (kelemahan ini dapat diatasi misalnya dengan teknik spread spectrum).
Yup sampai sini aja nih sharingnya untuk kali ini, semoga bermanfaat buat kita semuaa..(buat author khususnya..hhe).
~to be continue...

0 comments:

Post a Comment

Feel Free To Leave Your comment....

© ~ Fly With a Wing ~, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena

Purple Crown