~ Fly With a Wing ~

..just another girl with a story..

Sunday, 13 November 2011

InTel Part 2 : "PROXY SERVER : Squid Lusca"



Holaaa....lanjut lagi nih sharing and review2 nyaa...
to the point aja yaa..sekarang mah tentang per-server-an nih..walaupun jujur dari lubuk hatii..(ababil mode : ON) saya awam banget tentang konfigurasi server seperti ini tapi kita lihat apa yang bisa saya share setelah mendapat pencerahan dari presentasi pak Gungun kemarin...

PROXY SERVER

Proxy server merupakan server yang digunakan untuk menyimpan chace web yang pernah diakses oleh pengguna. Manfaat dari proxy server adalah untuk mempercepat akses ke situs web serta mengoptimalkan bandwith yang dimiliki. Secara, di Indonesia yang bandwith nya masih terbatas ini berbanding terbalik dengan penggunanya yang terus bertambah jadi yaa kudu bagi-bagi jatah bandwith..hehe,,(sabar yaa pak, bu, mas, mba, de...:P)

Beberapa pengguna internet biasanya  mengakses situs informasi yang sama. Sebagai contoh, setiap pengguna selalu mengakses suatu situs, misalnya Yahoo, Facebook, Kompas.com, atau web institusi/perusahaan yang diakses oleh karyawan secara bersamaan.

Tanpa proxy, setiap pengguna harus melakukan akses langsung ke server Yahoo!/facebook di Amerika sana, yang hal ini karena jauhnya jarak ke server luar tersebut, maka menghasilkan delay yang besar, itulah mengapa walaupun bandwith anda cukup besar yang diberikan oleh ISP, tetapi performance yang dihasilkan tidak memuaskan, hal ini disebabkan delay. Apa itu delay? Delay adalah lama waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan tanggapan request dari sisi server web tersebut.
Squid Lusca Logo

So, dengan adanya proxy server, pengakses yang akan melihat halaman Yahoo! tidak perlu harus selalu mengakses secara langsung ke server yahoo yang letaknya di Amerika, tetapi cukup diakses  cache proxy server Local anda saja. sehingga sangat menghemat bandwith anda sekaligus mempercepat request koneksi bandwith anda. jika anda membuka web tujuan akan langsung muncul dilayar monitor tanpa adanya delay atau loading yang lama walau cuma dalam hitungan detik, asyik kan?? :D

Terus SQUID LUSCA nya?? Nah SQUID LUSCA ini merupakan pengembangan dari squid  versi terdahulu oleh developer squid Andrian cadd yg didekasikan terutama utk caching file-file dynamic (kayak youtube, google addssense, banner, iklan dsb) file-file itu biasanya membuat penuh cache, tapi karena content dynamic oleh squid pasti akan dianggap miss dan akan mendownload lagi jadi bisa membuat posioning cache (apaan itu?>.<). Lusca sanggup mencache file2 tsb dan menjadi hit content.. banyaknya file dinamis ini tentu akan jauh menghemat bandwidth yg kita pakai..tul gak? (iya gitu? >_<)

Mari kita lanjut dengan menyimak hal - hal yang jadi nilai plus untuk si 'ubur - ubur'  LUSCA ini...:D

KELEBIHAN

  1. mendukung mayoritas HTTP/1.1 HTTP/1.0 
  2. Mendukung protokol dan caching untuk merekonstruksi : konten load balancing HTTP, kegagalan, permintaan cerdas / jawaban routing, memori dengan  kinerja tinggi  dan cache disk, sistem kontrol akses yang fleksibel 
  3. Peningkatan kinerja yang lebih cepat karena memperbaiki kelemahan squid proxy
  4. Menangani local cache Content dynamic 
  5. web proxy / cache platform dengan kinerja lebih stabil, fitur lebih banyak dan skalabilitas yang dynamis.
  6. mendukung cpu single core ataupun multicore
  7. Lusca terus meliputi perbaikan dan perkembangan dari proyek Squid

Untuk Topologi nya bisa dilihat di pada gambar ini:
http://pingintau.com/images/lusca-proxy.jpg
Skema Topologi Penggunaan Lusca Head Proxy Server
Gimana-gimana?? Lumayan lah ya untuk pemula me-review  bab SERVER ini, walau saya tahu diri banyak sekali kekurangannya dalam menyajikan bahasan ini, dan ini juga mereferensi ke berbagai blog tetangga..tapi semoga dapat bermanfaat selalu...(aamiin..:D)

tunggu part selanjutnya ...

Referensi:

0 comments:

Post a Comment

Feel Free To Leave Your comment....

© ~ Fly With a Wing ~, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena

Purple Crown